Jumat, 27 Desember 2013

membuat transformers

Tutorial Car Modeling in 3Ds max

Sudah lihat hasil modeling mobil yang aku buat menggunakan 3Ds max dengan judul Mitsubishi Lancer Evolution X - 3Ds max.
Kalian ingin mencoba untuk membuat mobil menggunakan 3Ds max?


Perintah-perintah yang digunakan adalah

1. Editable Poly
2. tombol Shift + move (untuk menambah edge)
3. Cut (untuk membelah polygon)
4. Connect (untuk membelah edge)
5. Bridge (untuk menyambung edge yang terpisah)
6. Attach (untuk menggabungkan objek yang terpisah)
7. Collapse (untuk mengumpulkan vertex)
8. Mesh Smooth (untuk menghaluskan face yang kotak-kotak)



alat dan bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :
1. Komputer lengkap dengan hardwarenya (PC / Notebook / Netbook)
2. Program 3Ds max, versi apa saja
3. Blue print mobil yang akan kalian buat, resolusi gambar jangan terlalu kecil. (Blue print yang dimaksud adalah gambar 2D tampak atas, depan, kanan, kiri dari suatu objek yang berbentuk garis)
kalian bisa buka artikel Car Blueprint.
4. Air putih 1 botol besar (jika kalian lama bekerja didepan layar monitor, disarankan minum air putih yang banyak)
5. Makanan ringan (Kalo sudah asik pasti lupa makan, jadi siapkan cemilan)
 
 
 

Tutorial Membuat Autobot Transformers in 3Ds max

Kalian pasti sudah melihat film Transformers dari seri 1 sampai 3. Keren banget kan animasinya. Aku sudah mencoba untuk membuat Autobot menggunakan 3Ds max, bermodalkan mobil Mitsubishi Lancer dan beberapa video tutorial dari YouTube, aku mencoba membuat Autobot yang video animasinya bisa dilihat di sini.

Kalian juga pengen mencoba membuat Autobot transformation? Gak susah kok, hanya perlu kesabaran dan kreatifitas.
Kalian pasti bisa jika mau berusaha. 

Tanpa panjang lebar, aku jelaskan garis besar proses pembuatannya. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :


1. Siapkan model yang ingin di transformasi (mobil, sepeda motor, handphone, atau apapun sesuai yang kalian inginkan).
Kalau kalian ingin membuat mobil 3Ds max sebagai modal Autobot, dan belum tau caranya silahkan buka Tutorial Car Modeling in 3Ds max.

2. Buatlah badan dari robot kamu (dalam hal ini robot telanjang, tanpa asesoris body-body mobil yang tertempel). Lengkap dari ujung kaki sampai ujung kepala.

3. Waktunya untuk membuat sistem tulang atau biasa disebut rigging, kalian bisa menggunakan biped ataupun bones. Kalo aku lebih suka menggunakan bones, karena lebih fleksibel dalam menentukan panjang tulang dan memperbanyak sendi.
Tapi bagi pemula bisa mengikuti petunjuk tutorial dulu yaitu menggunakan biped.

4. Saatnya untuk mengaitkan body robot ke tulang yang sudah kalian buat atau sering disebut skinning. (Kemarin aku ada masalah dalam skinning menggunakan biped, lalu aku ganti tulang menggunakan bones). Jika kalian menemukan masalah, silahkan komentar di postingan ini, kalo aku bisa, pasti aku kasih tau cara mengatasi masalah tersebut.

5. Inilah saat-saat yang membedakan animasi robot biasa dengan Autobot Transformers, kali ini kalian akan membuat animasi gerakan komponen-komponen mobil yang bergerak mengikuti robot.

Hal diatas adalah garis besar dalam pembuatan Autobot Transformers, Langkahnya cukup panjang jika ditulis dengan kata-kata, untuk mempersingkat dan mempermudah kalian untuk memahami, silahkan download video tutorial dibawah ini.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar